Menguak Hari Terakhir Soekarno Sebelum Meninggal

Menguak kembali hari terakhir sebelum soekarno meninggal


 21 Juni tepat 43 tahun lalu mantan presiden pertama Indonesia Soekarno meninggal dunia, sebelum meninggal dunia Soekarno sangat tersiksa ia ditahan di sebuah wisma bernama Yasoo.

Didalam wisma ini Soekarno menghabiskan waktu waktu terakhirnya sebagai tahanan rumah Soekarno tidak bisa kemana mana di dalam wisma terdapat banyak para penjaga keamanan serta alat sadap, ternyata hal ini membuat Soekarno menjadi tidak merasa nyaman dan membuat kondisi kesehatanya terus menurun dan akhirnya harus dibawa kerumah sakit RSPAD ketika kondisi kesehatannya sudah sangat buruk sekali.

Ketika berada di rumah sakit penjagaan terhadap Soekarno juga sangat ketat dilorong lorong rumah sakit pasti ada penjaga keamanan. Hal itu diceritakan dalam buku ‘Hari-hari Terakhir Soekarno’ yang ditulis Peter Kasenda dan diterbitkan Komunitas Bambu.

Ketika berada dirumah sakit kondisi bapak proklamasi ini terus memburuk dokter Mahar Mardjono yang merawat Soekarno mengetahui jika ini mungkin akhir dari Soekarno, dokter ini pun kemudian menelpon seluruh anggota keluarga Soekarno. 


Inilah Kalimat Terakhir Dari Beliau
 

 Ketika menjelang akhir hayatnya Megawati membisikkan kalimat syahadat ke telinga ayahnya. Soekarno mencoba mengikutinya. Namun kalimat itu tak selesai.

Hanya kata ”Allaaaah…” bisik Soekarno pelan seiring nafasnya yang terakhir.

Setelah mengucapkan kata ”Allaaaah…” Soekarno pun akhirnya pergi untuk meninggalkan rakyat rakyat tercintanya. Tangis dan haru pun pecah mengiringi kematian sang bapak proklamator yang telah memerdekakan bangsa Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar